Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
equityworldfuturesssc.over-blog.com

Equityworld Futures | Terima Kasih Saham Telkom dkk, IHSG Selamat & Nomor 2 di Asia

April 29 2019

Equityworld Futures | Terima Kasih Saham Telkom dkk, IHSG Selamat & Nomor 2 di Asia

Equityworld Futures | Pasar saham tanah air diterpa tekanan jual sedari pagi hari. Pada pembukaan perdagangan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) jatuh 0,36% ke level 6.349,92. Namun, perlahan tetapi pasti, IHSG bisa membalikkan keadaan.

Per akhir sesi 1, IHSG menguat 0,05% ke level 6.375,69. Per akhir sesi 2, penguatan IHSG menjadi kian tinggi yakni sebesar 0,44% ke level 6.401,08.

IHSG menguat kala indeks saham kawasan Asia lainnya ditransaksikan bervariasi. Penguatan sebesar 0,44% sudah cukup untuk menjadikan IHSG indeks saham dengan kinerja terbaik kedua di Asia. Kinerja IHSG hanya kalah dari indeks Sensex (India) yang menguat hingga 0,78%.

Saham-saham yang berkontribusi signifikan dalam mendorong kenaikan IHSG di antaranya: PT Telekomunikasi Indonesia Tbk/TLKM (+2,09%), PT Gudang Garam Tbk/GGRM (+3,69%), PT Astra International Tbk/ASII (+1,32%), PT Bank Danamon Tbk/BDMN (+4,68%), dan PT Bank Central Asia Tbk/BBCA (+0,45%).

Kabar positif pada perdagangan hari ini datang dari pernyataan Presiden AS Donald Trump bahwa Presiden China Xi Jinping akan berkunjung ke Gedung Putih dalam waktu dekat. Kemungkinan besar, tujuannya adalah untuk menyegel kesepakatan dagang kedua negara.

Sebelumnya Trump sudah sering mengatakan bahwa jika AS dan China mampu mencapai kesepakatan dagang, pertemuan dirinya dengan Xi akan dilakukan untuk urusan finalisasi.

Namun di sisi lain, pelaku pasar menilai bahwa pertemuan Trump dengan Xi masih bisa dibatalkan. Pasalnya, ada tahapan sulit yang harus dilewati terlebih dahulu. Pada 30 April mendatang, delegasi AS akan bertandang ke Beijing guna menggelar negosiasi dagang lanjutan dengan China.

Dalam pernyataan tertulisnya yang dirilis Selasa (23/4/2019) malam waktu setempat atau Rabu (23/4/2019) pagi waktu Indonesia, Gedung Putih mengatakan Kepala Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin akan memimpin delegasi AS.

Dalam pertemuan pekan depan, isu-isu krusial yang selama ini sulit sekali untuk dipecahkan seperti pencurian hak kekayaan intelektual dan transfer teknologi secara paksa akan kembali dibahas.


Ekonomi AS Melaju Kencang, Bursa Saham Asia Dibuka Menguat | Equityworld Futures


Equityworld Futures

Jika sampai negosiasi pekan depan berjalan tak mulus, bukan tak mungkin Xi akan batal bertandang ke AS dan damai dagang yang sudah sangat-sangat diharapkan pelaku pasar menjadi sirna, atau setidaknya kembali mundur.

Selain itu, rilis data ekonomi di Jepang yang mengecewakan ikut membuat investor di bursa saham regional melakukan aksi jual. Pada hari ini, produksi industri periode Maret 2019 (pembacaan awal) diumumkan jatuh 4,6% secara tahunan, jauh lebih dalam ketimbang konsensus yang memperkirakan penurunan sebesar 0,6% saja, seperti dilansir dari Trading Economics.

Tingkat pengangguran Jepang periode Maret 2019 diumumkan di level 2,5%, di atas konsensus yang sebesar 2,4%, seperti dilansir dari Trading Economics. Capaian tersebut juga melonjak dari posisi Februari yang sebesar 2,3%.

Mengingat status Jepang selaku negara dengan nilai perekonomian terbesar ketiga di dunia setelah AS dan China, tentulah tekanan bagi perekonomian Jepang akan berdampak negatif terhadap perekonomian dunia.

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post